Berkisah, Uncategorized

SegoSegawe Re-Born

(Tulisan ringan @phiscaditya, seputar #SegoSegawe dan Fenomena Hitz nge-Gowes)

sepedaSejak Jum’at malam Saya meniatkan diri untuk bersepeda ke kampus pada hari Sabtu. Saya pun berangkat pagi karena ada jadwal klinik tugas akhir para mahasiswa veteran alias semester tua, berbekal 1 tas berisi baju ganti dan ballpoint biat nyorat nyoret naskah skripsi.

Kelas klinik TA pun berakhir jam 13.00 siang, sementara di kampus sudah tidak ada tugas lagi. Cukup bimbang kapan mau pulang, kalau langsung puanase pol. Tapi kalau nunggu sore kelamaan. Akhirnya saya putuskan untuk pulang langsung meskipun puanase pol, sekalian iseng#socialexperiment di sepanjang jalan. Saya berusaha selalu membuntuti ibu-ibu yang bersepeda dan membawa kronjot rongsokan. Beliau bersepeda onthel dengan caping dan kronjot dibelakangnya, sementara saya bersepeda MTB (gunung) lengkap dengan helm standar. Kami (baca : saya dan Ibu-ibu pengendara onthel) sama-sama mengayuh sepeda dibawah terik siang jam 1an. Hal lain yang sama adalah kami sama-sama pulang dari bekerja. Apa yang ingin saya amati adalah “Bagaimana respon pengendara lain terhadap saya dan ibu-ibu berkronjot itu yg sama-sama bersepeda siang-siang?” Dan yang terjadi adalah..

Tak ada satupun pengendara lain ataupun warga di sepanjang jalan yang memberi respon atau komentar terhadap ibu yang bersepeda di depan saya. Namun ada 2 pengendara motor yg mempelankan motornya dan menyapa Saya “Oalah mas, panase ngene kok sepedaan”

Kesimpulan sederhanannya adalah mereka menganggap Saya tidak wajar karena terik siang-siang malah bersepeda, sementara ibu-ibu di depan saya mungkin dianggap wajar. Meskipun seharusnya kami semua tidak wajar karena berpanas-panasan dengan bersepeda.

Hikmahnya, ternyata berat ya bersepeda diterik siang. Melawan ketidakwajaran yang boleh jadi itu hanya karena untuk olahraga, pengen diet biar badannya ideal, atau bahkan cuma pengen hitz ikutan gowes (seperti Saya). Dan di antara itu semua, tak sedikit di antara kita yang melawan ketidakwajaran bersepeda diterik siang karena tak ada opsi lain, mereka memang harus bersepeda untuk menyambung asa. Bahkan kalau tetangga-tetangga Saya menyebutnya, orang Bantul selatan yang sering bersepeda untuk kerja itu biasanya mukanya hitam sebelah, karena kalau pas berangkat pipi kanan kena matahari terbit dan kalau pulang pipi kanan kena matahari akan terbenam. Jadi, bentar Phis! #otokritik Jangan sesumbar dulu kalau ente baru bisa sepedaan bentar trus udah main klaim generasi gowes-er. Cekrak cekrek selfie dengan sepeda tapi cuman ngayuh beberapa kilo saja, dan belum rutin. Cobalah lihat mereka yang setiap harinya berpeluh, mengayuh, berpuluh-puluh tahun nglaju ke Kota hanya bersepeda.

Teruntuk mereka para gowes-er sejati, semoga Allah menguatkan lengan-lengan kakinya, untuk mengayuh sepeda. Dan Allah hadirkan keberkahan disetiap rezeki yang mereka terima. Dan Allah anugerahkan keluarga yang bahagia, karena selelah apapun mereka setibanya dirumah akan hilang dengan kehangatan keluarganya. Amin.

Angkat topi untuk mereka!
Dari Saya penikmat sepeda “amatiran”

_____________________________________

SegoSegawe adalah akronim dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe. Program Pemkot Jogja untuk menggelorakan semangat bersepeda, sudah sejak lama sih ya. Jaman Saya di bangku SMA. Oiya, sepeda Aviator ini adalah doorprize dari#Milad58UAD kemarin. Semoga dengannya bisa dirutinkan bersepeda dan berolahraga. Postingan ini mengandung unsur mengajak dan mengompori para dosen karyawan UAD khususon yg tinggal di kawasan Imogiri dan sekitarnya, monggo ngepit sesarengan lur. Mari ngebaki parkiran kampus dengan sepeda, bukan hanya mobil dan motor saja. 

Advertisements
Standard

One thought on “SegoSegawe Re-Born

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s