Uncategorized

Ta’awun Untuk Negeri

48382103_584992878622008_1364779901877485568_n

Berseragam UAD, Berjaket IMM

Sejak kecil Saya sering ikut Ibu pertemuan ranting ‘Aisyiyah. Hal yang paling berkesan adalah disetiap pertemuan ranting pasti kita menyanyikan mars Aisyiyah sambil berdiri. Saya pun hafal setiap baris liriknya. Mars yg bagi Saya paling menggelorakan dan memang dinyanyikan dengan penuh semangat, meskipun yg hadir para Ibu-ibu. “Mari beramal dan berdharma bakti membangun negara, mencipta masyarakat Islam sejati penuh karunia”, begitulah liriknya. Dari sinilah Saya yg masih balita itu sudah “didoktrin” mengenal Muhammadiyah.

Lahir di keluarga Muhammadiyah merupakan tantangan bagi Saya. Walau bagaimanapun Simbah Kakung adlh sesepuh Muh Imogiri, cabang tertua ke-4 se Indonesia setelah Srandakan, Blora, dan Surabaya. Begitulah kata mbah Saya yg jg alumni Madrasah Muallimin Muhammadiyah. Mbah Kakung menurut Saya adalah sosok ustadz yg tak mengenal lelah dalam berdakwah. Bahkan kemarin saja, saat Saya menyiapkan soto untuk makan malamnya beliau ngendika nanti saja makannya setelah ngisi pengajian di Jetis padahal usiannya sudah 90an. Sedangkan Saya yg masih muda saja diminta ngisi acara Taruna Melati IPM masih mikir ngisinya jauh atau tidak. Mbah kakung muda adalah guru di Amal Usaha Muh di Imogiri.

Tak hanya itu, Bapak Saya juga pernah aktif di Dikdasmen Muhammadiyah cabang sekaligus pernah memimpin AUM SD Muh Karangtengah dan SD Muhammadiyah Bantul Kota. Sedangkan Ibu Saya saat ini diamanahi sbg ketua cabang ‘Aisyiyah di Imogiri meskipun sebenarnya simbah dr Ibu adalah tokoh NU. Alhamdulillah kami diajarkan untuk bersikap moderat dan saling menghormati. Ada juga bulik yang dari mudanya hingga hampir usiapensiun beberapa tahun depan adl seorang guru honorer di AUM. Saya memang lahir dari rahim keluarga Muhammadiyah yg aktif di persyarikatan sekaligus mengabdikan diri di AUM.

Jadi tak ada alasan lagi bagi Saya untuk tidak menandatangani kontrak kerja dengan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Yogya beberapa waktu lalu, meskipun ada kesempatan daftar sebagai cpns di kampus negeri. Bismillah semoga ini menjadi jalan bertaawun kami untuk ummat dan bangsa ini. Turut menghidupi Muhammadiyah, bukan mencari hidup di Muhammadiyah. Selamat Milad 106 tahun Muhammadiyah! Milad yg bagi saya sangat istimewa, karena di tahun ini Allah izinkan Saya untuk melunasi janji pelajar Muhammadiyah poin ke-6, sanggup melangsungkan amal usaha Muhammadiyah.

Nashrun MinAllah wa Fathun Qorib!
Abadi Perjuangan!
Kader Biologis (yg berusaha tetap) ideologis
Phisca AR

Ps : Biar semangatnya selalu muda, jaket IMM nya selalu di bawa.

#abdipersyarikatan
#perguruantinggimuhammadiyah
#universitasahmaddahlan
#milad106muhammadiyah
#weareUAD

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s