Untai Kisah

Pacaran Jaman Now

the issue (5)

Chuncheon, November 2017Memang perlu jam terbang agar bisa mengemas aktivitas itu agar romantis. Haha. Sempat bingung juga kali pertama pacaran dengan istri, maklum kadang saja masih gugup kalau bertatap mata. Apalagi kalau ngajak ngobrol pasangan kita dalam benak saya kala itu “Apa ya gag habis ya bahan obrolannya kalau lama-lama?” Tapi tenang gaes, percayalah kesemua itu akan terlatih seiring berjalannya waktu.

Membincang soal pacaran bagi saya (atau kami juga boleh) memang tak harus bernuansa romantis. Beruntungnya kami, masing-masing belum berpengalaman, jadinya tak ada standar pacaran yang romantis dimata kami, ngalir saja lah. Lebih dari nuansa romantis, sepertinya harus ada “value” yang seharusnya dimaknai dalam setiap pacaran kita, bukan hanya saling bertatap mata, bertaut kata, atau bersuap makanan. Itu boleh, tapi ada opsi-opsi lain bisa sebagai referensi yang layak dicoba. Salah satunya adalah pacaran paket komplit yang kami lakukan di akhir pekan kemarin, silaturahim sekaligus diskusi.

Menyambut cuaca dingin di Korea, kami pekan lalu malah bertolak ke kawasan agak utara yang notabene lebih dingin. Chuncheon atau kampung halamannya istri saat berkampus disana 2 tahun lalu menjadi tempat jalan-jalan kami. Kami sowan menjumpai Prof Hyung Jun Kim, salah satu professor antropologi kebudayaan di Kangwon National University yang kebetulan beliau adalah peneliti Muhammadiyah sejak tahun 90-an. Setiba di Terminal Chuncheon kami langsung dijemput oleh professor yang fasih berbahasa Indonesia namun logatnya Jogja banget itu alias “medhok”. Kita dijamu disebuah restauran Korea ditengah persawahan di Chuncheon. Beliau bercerita banyak hal tentang sejarah beliau kenapa tertarik dengan kondisi sosial pedesaan di Indonesia hingga akhirnya mengenal Muhammadiyah dan tertarik untuk meneliti terutama dari sisi kehidupan demokrasi didalam persyarikatan itu. Kami banyak mendapatkan wawasan tentang ke-Muhammadiyah-an dari beliau yang justru lebih “Muhammadiyah” ketimbang kami yang alumni SD dan SMP Muhammadiyah ini. Selain itu karena beliau backgroundnya akademisi, kami juga mengorek pengalaman beliau sebagai professor dan tentang dunia akademisi di Korea Selatan dan sekaligus curcol tentang pengalaman kami selama studi disini. Mulai dari pandangan beliau tentang korelasi budaya senioritas di Korea dengan unggah-ungguh kalau di Jawa dan masih banyak lagi.

Sembari diskusi Professor Kim mengajak kami keliling Chuncheon dengan mobilnya. Mengunjungi beberapa landmark di Kota Chuncheon seperti Soyanggang Skywalk (소양강 스카이워크) untuk kali pertama pengalaman saya skywalking ternyata menakjubkan meskipun belum tinggi banget tempatnya. Kemudian dilanjutkan menikmati panorama Danau dan pemandangan kota Chuncheon dari Cafe di Animation Museum (춘천 애니메이션박물관). Di sana juga banyak wahana permainan anak-anak terutama berbau dengan teknologi. Semoga di lain kesempatan bisa mengajak anak-anak kami di wahana-wahana edukatif semacam itu (amin 😊) atau syukur malah besok di Indonesia juga ada.

Tak terasa hampir seharian sudah berada di Chuncheon, Ahad kemarin. Untungnya masih ada Kereta ITX arah Yongsan meskipun harus mengambil standing-ticket karena baru beli 15 mnit sebelum kereta berangkat. Alhamdulillah bisa escaping sejenak dari keriuhan rutinitas jualan Indomi* (disensor #eh) dan istri yang sedang nulis thesis dengan pacaran paket lengkap kemarin. Mumpung masih berdua. Biar gag kalah kekinian dengan pacarannya kids jaman now 😉

Chuncheon Autumn 2017,
Karena liburan ke Nami di Musim Gugur itu terlalu mainstream.

Ps : Mohon maklum rambut plontos karena habis wajib militer di sini 😁

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s