Beasiswa, Uncategorized

Kenapa (harus) Rumah Kepemimpinan?

“Rumah Kepemimpinan itu adalah tempatnya orang-orang yang haus akan ilmu dan titik temu dan juga tempatnya orang-orang yang merasa sepi akan aksi dan kolaborasi.”

Menjadi mahasiswa adalah sebuah karunia yang luar biasa yang diberikan oleh Tuhan kepada kita semua. Tanya kenapa? Banyak kawan-kawan di luar sana yang masih bersusah payah untuk bisa duduk sejajar di bangku SD, SMP, SMA/K, apalagi mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan. Kita patut bersyukur jika kita termasuk satu dari segelintir orang yang diizinkan untuk berkualiah dan menyandang status mahasiswa. Maha-nya para siswa.

IMG_0171c

Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 6 Regional 3 Yogyakarta

Bersyukur dengan cara apa kah? Inilah yang menjadi permasalahan selanjutnya. Bagi saya, memaknai kesyukuran menjadi mahasiswa yang paling penting adalah, mengoptimalkan masa menjadi mahasiswa itu dengan berbagai kegiatan positif untuk mengembangkan diri kita. Namun tak berhenti di situ saja, kita juga harus membuka dimensi kontribusi dan kebermanfaatan atas status kemahasiswaan yang kita sandang. Memberikan arti kepada masyarakat sekitar, mengadvokasikan kebenaran, serta memiliki mimpi dan niatan berkontribusi yang lebih luas yakniuntuk bangsa kita tercinta, Bangsa Indonesia.

 

Ada banyak pilihan kendaraan dan media ataupun wasilah untuk menggapai poin-poin yang saya sampaikan di atas. Berbagai opsi pembinaan dan pengembangan diri melalui program kampus ataupun berbasis beasiswa asrama tersedia. Dalam kesempatan ini saya akan sedikit menyampaikan pengalaman saya menjadi bagian dari sebuah pembinaan selama saya menjadi mahasiswa  sarjana beberapa tahun silam. Bagi saya sebelum memutuskan untuk bergabung, saat masuk didalamnya, hingga saat menjadi alumni saat ini saya menganggap pembinaan disini adalah satu diantara segelintir pembinaan terbaik dan komprehensif bagi kawan-kawan mahasiswa. Ya, program pembinaan sumber daya manusia strategis atau akrab di sapa PPSDMS. Dibawah yayasan Nurul Fikri, saat ini pembinaan ini bertransformasi menjadi Rumah Kepemimpinan untuk mempertegas nilai pembinaan yang difokuskan yakni, creates future leaders.

IMG_0139c

Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 6 Regional 3 Yogyakarta Putra

Beberapa alasan kenapa saya menyampaikan bahwa pembinaan di Rumah Kepemimpinan adalah satu dari segelintir pembinaan mahasiswa yang terbaik  yang pernah ada di negeri ini adalah :

1. Memperluas jejaring antar mahasiswa dan potensi berkolaborasi bersama
2. Membuka dimensi kontribusi yang lebih luas, untuk masyarakat, bangsa, dan ummat.
3. Merencanakan visi dan misi kehidupan pasca kampus secara sistematis
4. Lingkungan dan kehidupan asrama yang kondusif untuk berkarya, saling belajar, dan saling menguatkan satu sama lain.
5. Pengembangan dan pengaktualisasian diri sesuai dengan bakat dan minat
6. Pembinaan yang Komprehensif dan Berkarakter
7. Belajar untuk moderat, open mind, obyektif serta rendah hati dalam bersikap.
8. Islam Moderat untuk rahmat bagi penjuru alam

Demikian beberapa alasan saya kenapa kita harus bergabung dalam proyek kebaikan bersama Rumah Kepemimpinan ini. Tidak lain, tidak bukan untuk mewujudkan visi kebangsaan dan keummatan. Seperti yang termaktub dalam ideologi pembinaan ini yakni, “Yang kami harap adalah terbentuknya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat serta kebaikan dari Allah, Pencipta alam semesta”

Beberapa catatan dan tulisan saya tentang asrama ini,

  1. Masa saat masuk asrama https://phiscaditya.wordpress.com/2012/07/26/ekspektasi-menjadi-realita-berkumpul-dengan-orang-orang-hebat/
  2. Masa saat selesai pembinaan asrama https://phiscaditya.wordpress.com/2015/04/28/1-tahun-tanpa-asrama-bukan-berpisah-hanya-mencari-cara-bertemu-yang-lebih-indah/

Semoga bermanfaat dan ada hikmah yang bisa diambil. Jadi bagi kawan-kawan mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 (UI, ITB, Unpad, UGM, ITS, Unair, IPB, USU, Unhas), jika kita ingin bergabung berproses bersama dalam proyek peradaban ini, tak ada alasan lagi untuk tidak bergabung bersama Rumah Kepemimpinan. Segera daftarkan diri kawan-kawan menjadi peserta angkatan 8 Rumah Kepemimpinan.

daftarkan dirimu –> daftarrk.com
info lebih lanjut –> rumahkepemimpinan.org

Salam Indonesia Bermartabat,

Seoul, 30 Maret 2016.

Phisca Aditya R

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s