inspirasi

Ekspektasi Menjadi Realita : Berkumpul Dengan Orang-Orang Hebat

Masih terngiang dikala ospek mahasiswa baru MIPA UGM 2010 silam disaat sesi “Mahasiswa Berprestasi”. Saat itu ada beberapa mahasiswa berprestasi yang mengisi dan sharing mengenai kiat-kiat mereka dalam menggapai berbagai prestasi. Salah satu dari sekian mahasiswa berprestasi itu adalah mas Ahmad Nasikun (TE UGM 2007). Dengan berbagai prestasi yang luar biasa yang kesemua itu terbalut dalam kesahajaan dan kerendahan hati beliau, telah menginspirasi peserta ospek dikala itu, khususnya saya untuk setidaknya berusaha menyamai prestasi-prestasi beliau (Bismillah semoga bisa). Usut punya usut akhirnya aku tahu jika mas Nasikun merupakan salah satu alumni PPSDMS Nurul Fikri Regional III Yogyakarta. Sejak saat itu aku sudah mengazzamkan dalam diri untuk menjadi bagian dari Pondok Mahasiswa yang sudah terdapat di beberapa daerah di Indonesia itu.
Sampai suatu ketika disaat membuka group Facebook alumni Pelatihan Maksimal 2011 PPKB Dirmawa UGM, disana ada yang ngepost mengenai rekruitasi menjadi peserta PPSDMS. Dikala itu masih sibuk-sibuknya persiapan UAS semester 3. Waktu itu yang saya ketahui ada 2 kali gelombang untuk masuk PPSDMS. Sebenarnya pengin banget masukin formulir di gelombang pertama. Kukira jika diawal akan lebih tenang dan lebih berpeluang. Namun karena memang waktunya sangat mepet waktu itu juga sibuk banget akhirnya sampai deadline pun belum bisa mengirimkan formulir pendaftaran. Pengumuman Rekruitasi gelombang satu pun keluar menambah semangatku untuk segera mendaftar di gelombang 2. Mungkin karena aku orang yang agag perfectsionis. haha. Aku terlalu detail mempersiapkan berbagai persyaratan berkas yang harus dikumpulkan, mulai dari surat rekomendasi dan lain-lain. Inilah yang menyebabkan mungkin agak lama. Sampai akhirnya baru sadar jika besoknya sudah deadline pengumpulan berkas pendaftaran. Masih ingat betul hari itu hari Jumat (30 Maret 2012). Hari itu aku jg  harus ngebut mengerjakan laporan praktikum yang harus dikumpulkan siang harinya. Akhirnya seluruh berkas selesai pukul 15.00, saat itu aku harus mengikuti praktikum terlebih dahulu. Setelah praktikum selesai sekitar pukul 17.00 langsung ku siapkan dan cek lagi dokumen-dokumen dan berkas pendaftaran. ” Yup, Alhamdulillah smua beres. Masih ada waktu !!!”. Aku langsung ngebut menuju tempat pengumpulan, maklum aku belum tahu secara tepat posisi asrama tempat untuk mengumpulkan berkas itu. Pokoknya yang saya ingat Jakal KM 8 dan letaknya ada di sebelah timur gardu PLN. Akhirnya kutelusuri gang-gang yang cukup lika liku itu, tanya sana-sini ke penduduk setempat. Sampai akhirnya aku tanya kepada satpam di Perumahan dekat Pondok Budi Mulia, Bapak itu tahu tentang asrama PPSDMS Yogyakarta. Aku pun bergegas menuju ke alamat dan arahan yang diberikan bapak tadi. Yeah, nampak juga sebuah asrama dengan warna mencolok (orange) kokoh berdiri di pinggir sawah. Terdapat tulisan PPSDMS di banner pintu masuk meyakinkanku bahwa inilah tempat yang kucari. Menjelang maghrib akhirnya saya berhasil mengumpulkan berkas pendaftaran itu. Saat itu juga masih ada yang baru mengumpulkan berkas pendaftaran.
Hari berganti hari tak terasa pengumuman seleksi tahap I telah sampai, Alhamdulillah bahagia namaku bisa ada di list peserta lolos tahap I. Proses seleksi tahap II pun aku lalui dengan penuh optimisme, namun juga ada rasa pesimisme yang sempat terngiang saat itu. Bagaimana tidak waktu seleksi tahap I, nampak kompetitor-kompetitor yang cukup dikenal dikampus dengan segala posisi strategis dan prestasi-prestasinya Sementara aku cuma mahasiswa yang aktivispun enggak, berprestasipun jarang, apalagi nyinggung masalah IPK yang pas-pasan. Perlu diketahui, Tes tahap II yakni tes tertulis mengenai Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Selain itu juga kita disuruh untuk menjelaskan planning hidup kita kedepan. Tahap II pun selesai dengan sedikit keraguan sampai tibalah pengumuman seleksi Tahap II. Bukan sebuah kesengajaan kukira, namaku masih masuk dalam list peserta yang lolos. Semua itu kuyakin adalah pertolongan dan izin dari Allah SWT semata. Optimisme kembali membara ketika harus dihadapkan dengan tes tahap III yakni tes presentasi dan wawancara yang kuyakin lebih menantang dan sulit untuk ditaklukkan. Hehe. Singkat cerita, tes presentasi pun digelar. Waktu itu seluruh peserta tes dibagi ke beberapa kelas, masing-masing sekitar 20 orang. Prosesi presentasi yang ertama peserta mendapatkan undian tema yang akan di bahas untuk nantinya akan di presentasikan. Mulai dari rokok, tentang korupsi, tentang politik, tentang kedaulatan energi dan masih banyak lagi. Cukup kaget juga mendapatkan tema tentang ” Penanganan Korupsi di Indonesia”. Sangat berbeda dengan disiplin ilmu yang saya geluti yakni bidang elektronika, teknologi dan informasi memang cukup berat untuk bisa menjelaskan masalah itu. Tanpa berteori panjang dan beretorika akhirnya aku cuma bisa menjelaskan semampuku saja. Prosesi seleksi ini jujur aku sangat pesimis karena memang kuakui tidak optimal. ” Seleksi besok, seleksi wawancara harus aku optimalkan untuk menutup hasil seleksi presentasi ini “, dalam benakku. Kemudian seleksi wawancara yang disertai dengan tes kesehatan akhirnya bisa saya lalui dengan penuh optimisme seperti yang telah ku rencanakan.Setelah itu proses seleksipun selesai, tinggal berdoa dan bertawakal setelah segala upaya yang telah ku usahakan.
Asrama PPSDMS Regional III Yogyakarta a.k.a OrangeDorm
Tiba saatnya pengumuman peserta PPSDMS yang lolos  dan berhak mengikuti program 2 tahun kedepan. Waktu itu aku baru persiapan mau kekampus, tiba-tiba mendapat sms dari kakak angakatan SMA yang juga satu fakultas, yakni mas Detiza. Beliau sms dan memberitahukan kalau pengumuman sudah keluar dan aku termasuk di dalam 30 nama yang berhak menjadi peserta PPSDMS angkatan ini (angkatan 6). Sedikit belum percaya juga sebenarnya, akhirnya aku cek sendiri dengan membuka website pendaftaran PPSDMS. Ternyata memang benar, lagi-lagi namaku tertera di sekian nama yang berhasil lolos. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, sujud syukurpun tak terelakkan. Akhirnya ekspektasi saat aku masuk UGM bisa terealisasikan di tahun kedua kuliah. Sebuah anugerah yang sangat luar biasa bisa menjadi bagian dari PPSDMS Nurul Fikri Regional III Yogyakarta angakatan 6. 
Diakhir cerita ini, ku haturkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pak Danang Lelono (Dosen Pembimbing Akademik), pada teman-teman/senior di IPM dan IMM mas Imut, mbak Ike, mbak Miftah, dan yang terakhir tuk bang Fajar (Kadept di BEM KM FMIPA) serta semua pihak yang telah memberikan doa restu dan dukungannya. Akhirnya mohon doa kepada teman-teman semua, semoga PPSDMS ini menjadi jalan terbaik untuk saya sebagai konversi bagi kehidupan saya. Konversi menjadi seorang yang lebih baik dan lebih baik lagi dibidang apapun itu. Insya Allah disinilah perubahan itu bisa bermula. Hal ini karena disini bertemu dengan orang-orang yang sangat hebat. Hebat dibidangnya masing-masing, mereka para aktivis kampus, para pemenang berbagai kompetisi, para cumlauders, sampai tokoh-tokoh kampus sekalipun. Sempat minder aku karena aku cuma mahasiswa biasa, namun setidaknya semoga ini akan membuat iklim kompetitif yang memacu Saya untuk keluar dari zona nyaman saya, zona dimana kepuasan dengan segala pencapaianku itu terjadi. Sudah saatnya Berontak, berontak dalam proses metamorfosa, untuk berprestasi dihadapan sang Ilahi Robbi, berprestasi di dunia ini. Insya Allah…
^_^
OrangeDormitory, 7 Ramadhan 1433/26 Juli 2012

Phisca Aditya Rosyady
Peserta PPSDMS Regional III Yogyakarta
Angkatan 6

Advertisements
Standard

One thought on “Ekspektasi Menjadi Realita : Berkumpul Dengan Orang-Orang Hebat

  1. Pingback: Kenapa (harus) Rumah Kepemimpinan? | TERUS BERDERAP !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s